Stasiun Cipatat : Mimpiku Inspirasi TOD pada Stasiun Ujung (Sta. Huis Ten Bosch Japan Vs Stasiun Cipatat)
Sebelum kita membahas cerita menarik, silahkan melihat lihat photo2 saya pada link ini:
Sumber Photo : https://ernib.blogspot.com/2013/05/tulip-and-friends.html?view=flipcard
Ada apa dengan Stasiun Cipatat??? saya berkeinginan nanti nya ada investor yang membuat suatu destinasi pariwisata dengan memanfaatkan area stasiun menjadi lokasi yang sangat cantik. Tentunya disana akan dibuat suatu event seperti agenda pariwisata di Stasiun Huis Ten Bosch Nagasaki Japan yang pernah saya kunjungi 2013 (Ketika S2 di Hiroshima University 2012-2014) melalui perjalanan kereta api ekonomi dari Hiroshima menuju Nagasaki selama 12 jam dengan pindah-pindah rute sesuai dengan jalur KA yang dimiliki oleh JR Railway Japan bukan Shinkansen yaaa hehehe. Penuh perjuangan untuk melihat event bunga Tulip pada saat itu. Event tersebut selalu berganti dengan tema bunga yang berbeda sesuai dengan musim pada saat itu. Ketika saya berkunjung kebetulan event bunga tulip dipadu dengan Bunga sakura yang sedang mekar. Sebelum kita cerita perjalanan saya. Mari kita liat akses kereta api yang saat ini sedang proses pembangunan yang sebentar lagi akan beroperasi.
Perjalanan kereta api dari Jakarta menuju Stasiun Cipatat sesungguhnya adalah perjalanan yang sangat menarik. Dapat ditempuh dengan menggunakan KRL sampai dengan stasiun Bogor kemudian dapat melakukan transfer ke Stasiun Paledang yang akan segera beroperasi. Asik kan.....
Kereta Pangrango akan membawa kita menuju Stasiun Sukabumi dengan transfer naik Kereta Siliwangi lanjut ke Stasiun Cipatat dengan melewati Cianjur - Ciranjang berakhir di Cipatat. Asik kan perjalanannya. Wow semoga investor tersebut bersedia membuat suatu arena wisata yang sangat indah ya nanti di Stasiun Cipatat. Sehingga lahan lahan yang ada disana mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi.
Ini potret bahagia saya ketika asik memotret bunga tulip. Ada 300.000 Tulip Bloom pada hari itu.
Pagi-pagi cuci muka setelah sholat subuh dan masih bisa mandi distasiun,, wahhh saya lupa sepertinya hanya bersih2 pakai tissue basah andalan untuk bebersih, kali ini menyesal sekali tidak booking hotel sebelum berangkat, karena pada malam itu kami tidak menemukan hotel murah meriah didekat area wisata, yang hanya ada hanya hotel bintang V yang mahalnya belum terjangkau, yang penting happy semalam kedinginan tidur duduk bergantian jaga dengan sahabat saya, wajah kami tetap cantik yaa. mungkin pengaruh jaket merah dan batik bunga. hehehe
Perjalanan ke kota Nagasaki memang sangat jauh namun magnet yang ada disana luar biasa. Walaupun ternyata stasiunnya hanya stasiun kecil akan tetap Pemanfaatan lahan menjadi area destinasi wisata Kota dengan Tema Belanda yang luar biasa. Coba liat disini masih ada informasinya, saya coba google (huis ten bosch tulip 2013) wow. Luar biasa ini petanya:
https://www.google.com/maps/place/Huis+Ten+Bosch/@32.886507,129.977875,10z/data=!4m5!3m4!1s0x356abd666eb3cfbd:0x6f267b427d8778f7!8m2!3d33.0854679!4d129.7885406?hl=en
Berangkat dari Stasiun Saijo
Hiroshima Jam 9 Pagi dan Tiba di Stasiun Huis Ten Bosch Jam 9 Malam tanpa
booking hotel karena merasa perlu hemat dan lebih baik tidur di stasiun karena temanya kita jalan2 seri Backpackr. Tapi apa yang terjadi setelah
tiba tralalala dingin sekali, stasiunnya kecil dan hanya ada ruang kecil
dilengkapi penghangat ruangan sampai dengan jam 12 malam sudah off ketika kami bertanya.
tentu dengan bahasa jepang sepotong2 karena penjaga stasiun juga tidak bisa
bahasa Inggris. Setelah menunggu lama duduk berharap dapat duduk di kursi tapi
ternyata ada temannya lumayan banyak, hanya saja kami tidak sesiap mereka yang
juga Backpackr. Kami kedinginan dan merasa sedikit menyesal atas kelalaian hanya karena pengen hemat. Sejak saat itu tidak berani lagi bepergian tanpa booking hotel lebih dahulu.
Apa yang saya lakukan pertama kali ketika tiba, dengan sigap saya memotret kereta yang membawa kami tiba di stasiun ujung.
Sambil memotret merasa deg2 an juga pada saat sebelum masuk stasiun. Kita lihat platform dan juga papan informasi nya. mirip dengan stasiun di Indonesia.
disini memperlihatkan terdapat 2 jalur. Jalur 1 ada siding dan jalur 2 adalah kereta langsung ke Haiki menggunakan catenary.
Comments
Post a Comment