THREE KONEKSI ANTARA PIKIRAN DAN HATI [ EMPOWERMENT TUESDAY – KIM HUI ]
Empowerment Tuesday November 26, 2024
THREE SMS: Sharing, Meeting, dan Showcase.
KONEKSI ANTARA PIKIRAN DAN HATI EMPOWERMENT TUESDAY – KIM
HUI
Selamat pagi, selamat malam, di manapun Anda berada. Selamat
liburan, dan terima kasih telah bergabung dalam Empowerment Tuesday hari ini.
Topik kita kali ini adalah tentang pertumbuhan—baik pertumbuhan pribadi maupun
pertumbuhan bisnis.
Nama saya Kim Hui, dan saya menyapa Anda dari Diamond Bar,
California Selatan.
Setelah lebih dari 30 tahun berkecimpung di industri ini,
saya sering ditanya: apa rahasia pertumbuhan dalam bisnis ini? Sebelum membahas
rahasianya, saya ingin mengatakan bahwa segalanya berawal dari koneksi antara
pikiran dan hati. Ya, ini adalah bisnis, tetapi ketika Anda hanya melakukannya
dengan kepala—tanpa hati—maka momentum tidak akan tercipta.
Koneksi antara pikiran dan hati sangat penting, bukan hanya
untuk mencapai kesuksesan, tapi untuk mempertahankannya. Dalam industri kita,
saya melihat sering kali koneksi hati ini yang hilang. Hati Anda harus selaras
dengan alasan Anda menjalani bisnis ini—lebih dari sekadar bisnis, tetapi
tentang menghormati kebenaran siapa diri Anda.
Sekarang mari kita bahas: apa rahasia dari pertumbuhan?
Rahasianya adalah eksposur—seberapa banyak orang yang
Anda beri tahu tentang bisnis, produk, atau layanan Anda?
Untuk menyederhanakan, saya menggunakan singkatan SMMS,
bukan dalam arti pesan teks, tapi:
- S
= Share (Berbagi)
- M
= Meet (Bertemu)
- ...
dan sisanya akan dijelaskan kemudian.
1. Share (Berbagi):
Berapa banyak orang yang Anda ajak bicara soal bisnis ini? Ketika bisnis ini
hanya ada di kepala Anda, dan belum sampai ke hati, Anda akan kesulitan
berbagi. Bagikan kebenaran Anda, alasan Anda, dan hasil yang telah Anda
alami—baik dari produk maupun komunitasnya.
Misalnya, pagi ini saya bertemu dengan seorang manajer
restoran yang kelelahan dengan pekerjaannya. Saya bilang, "Kalau kamu
benar-benar terbuka terhadap perubahan, saya mungkin punya sesuatu untuk
kamu." Itu adalah momen berbagi.
2. Meet (Bertemu):
Setelah berbagi, langkah berikutnya adalah pertemuan. Ini sangat penting. Kami
sering menyebutnya dengan “5M”: More Meetings Mean More Miracles (Semakin
banyak pertemuan, semakin banyak keajaiban).
Pertemuan bisa berupa satu lawan satu, dua lawan satu,
pertemuan di rumah, atau pertemuan lokal. Tim yang aktif mengadakan pertemuan
rutin—mingguan atau dua mingguan—biasanya menghasilkan hasil nyata.
(Tentang
"Meeting")
Sekarang, beberapa pemimpin Anda di wilayah
masing-masing—seperti saya saat ini di Los Angeles—kami mengadakan pertemuan
lokal. Jadi, ketika Anda mengundang prospek Anda ke pertemuan, itu adalah
salah satu cara Anda mengekspos mereka terhadap bisnis ini. Pertemuan itu
sangat penting.
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, manusia saat ini
sangat merindukan koneksi lebih dari sebelumnya. Ya, kita punya banyak
teknologi canggih, tapi dengar: gabungkan high-tech dan high-touch.
Saat Anda menggabungkan teknologi canggih dengan sentuhan personal, di situlah
kesuksesan dibangun.
Jadi, ada beberapa jenis pertemuan:
- Satu
lawan satu, dua lawan satu, pertemuan tatap muka
- Pertemuan
di rumah, yang tidak harus mewah. Mengundang orang ke rumah Anda
memberi kenyamanan. Tentu, undanglah orang yang Anda kenal, bukan orang
asing.
- Pertemuan
lokal dan regional, seperti yang baru saja kami adakan di New
Jersey.
- Pertemuan
nasional, konvensi, dan pertemuan internasional.
Ini semua adalah pertemuan langsung—melihat,
merasakan koneksi. Kenapa penting?
Juga ada pertemuan Zoom. Kadang karena jarak
geografis, kita bisa manfaatkan Zoom. Kenapa kita ingin orang hadir di Zoom
nasional, internasional, atau global?
- Leverage:
Sekarang semuanya online. Anda bisa menjangkau koneksi dari seluruh dunia
lewat Zoom.
- Visi
lebih luas: Ketika mereka ikut Zoom global dan melihat peserta dari
5-7 negara berbeda, mereka berpikir, “Wow, bisnis ini lebih besar dari
yang saya bayangkan.”
- Kredibilitas:
Ketika mereka hadir di pertemuan regional atau nasional dan melihat
besarnya peserta dan kualitas orang-orang di dalamnya, itu membangun
kepercayaan dan memperluas visi mereka.
Karena itu, penting untuk menghubungkan prospek dan tim Anda
ke berbagai jenis pertemuan—baik itu lokal, regional, nasional, maupun Zoom
global.
(Tentang
"Showcase")
Kata kedua tadi adalah “meeting”, dan kata ketiga adalah “showcase”
(pamerkan). Di pertemuan, apa yang kita lakukan? Kita memamerkan.
Yang kita pamerkan:
- Produk:
Jelaskan manfaat dan keunggulan produk. Untuk ilmu detail, Anda bisa
arahkan ke situs web resmi. Tapi Anda cukup berbagi dengan bahasa awam.
- Rencana
(Plan): Tunjukkan bagaimana seseorang bisa memulai bisnis ini secara
paruh waktu dari rumah, dengan cara yang mudah dimengerti.
- Cerita
(Story): Bagikan kisah nyata Anda atau tim Anda. Ketika Anda hadir
dalam pertemuan dan mendengar kisah nyata, itu seperti mengumpulkan
“kelereng” (marbles). Cerita-cerita ini bisa Anda bagikan kembali nanti
saat bertemu prospek.
Jadi:
- Showcase
produk: fitur dan manfaat
- Showcase
rencana: cara mereka bisa memulai dan berhasil
- Showcase
cerita: testimoni Anda dan orang lain
Itulah SMS: Sharing, Meeting, dan Showcase.
Kedengarannya sederhana memang, dan bisa jadi sederhana
kalau hati dan pikiran Anda terlibat. Jika setiap dari kita menerapkan SMS
secara besar-besaran, 2025 akan jadi tahun besar untuk Anda dan tim Anda.
Kenapa? Karena ini bisa diduplikasi. Anda tidak hanya melakukannya
sendiri, tapi mengajarkan tim Anda melakukannya juga.
Mulailah dengan sharing: bagikan pengalaman dan
alasan kenapa Anda melakukannya. Lalu undang mereka ke meeting. Setelah
itu, showcase produk, rencana, dan cerita. Itulah cara Anda membangun
kepercayaan, memperluas visi mereka, dan menciptakan pertumbuhan.
... siapa saja yang terlibat, benar? Oke, jadi di pertemuan
itu kita melakukan showcase—kita menampilkan produk, fitur, dan
manfaatnya. Kita tunjukkan juga rencana bisnisnya, dan kita tunjukkan
kisah-kisah nyata.
Orang-orang di pertemuan itu akan berbagi cerita mereka.
Kunci utamanya adalah exposure (pemaparan).
Kalau Anda tidak memperkenalkan keindahan dan semua ‘marble’ (nilai luar biasa)
dari bisnis ini, Anda tidak bisa mengembangkannya.
Segala keberhasilan bisnis Anda bergantung pada exposure, exposure,
dan exposure.
Tiga hal: SMS—sudah kita bahas.
Sekarang saya ingin menyentuh lagi tentang koneksi antara
otak dan hati. Ini sangat penting.
Saya bisa bilang begini—selama tiga dekade... saya berusia 28 setengah saat
saya mulai di industri ini.
Jadi Anda bisa kira-kira tahu umur saya sekarang, ya—lebih dari 30 tahun saya
menjalani ini.
Saat saya belajar, mengamati, dan menjalani industri ini,
saya bisa bilang orang-orang yang sukses adalah mereka yang punya koneksi
antara otak dan hati terhadap bisnis ini.
Mereka bisa melihat—envision—apa yang mereka inginkan, dan bukan cuma
percaya, tapi mereka merasakannya.
Mereka merasakan di hati mereka bahwa mereka bisa melakukannya.
Bahwa kelimpahan itu ada untuk mereka.
Saya berusia 28 setengah saat di-PHK dari korporasi Amerika.
Saya tidak punya pekerjaan. Bangkrut. Tapi di negeri ini, di industri ini,
hidup saya benar-benar berubah.
Dan itu sebabnya saya kembali aktif, terutama di zaman seperti sekarang ini.
Jadi, teman-teman, seriuslah dalam exposure.
Daripada 333 (angka aktivitas), mulailah dengan menanamkan pesan itu
dulu ke dalam hati Anda—baru setelah itu bagikan.
Ini adalah sebuah latihan.
Jadilah hebat dalam melakukan pemaparan. Latih kemampuan Anda dalam expose
bisnis ini.
Dan pahami ini—sekarang perusahaan sedang punya banyak
promosi.
Saya ibaratkan promosi itu seperti bumbu—seperti rempah-rempah yang menambah
cita rasa dalam masakan.
Mereka membangkitkan rasa!
Sekarang ini sedang ada “pendaftaran 1 dolar” dan juga
diskon 15% untuk konsumen yang ingin mencoba produk.
Ini adalah waktu yang sangat bagus untuk membangun basis pelanggan.
Dan dengan suasana liburan, saat keluarga berkumpul—ini
adalah waktu yang tepat untuk berbagi.
Jadi, untuk menutup, saya harap Anda menangkap
pesannya.
Ini sederhana.
Saya sengaja buat ringkas, jelas, dan padat, supaya Anda tahu apa yang
diperlukan untuk sukses.
Bayangkan—apa gambaran hidup ideal dan sukses menurut versi
Anda?
Tahanlah gambaran itu. Simpan di dalam hati Anda. Rasakan
bagaimana rasanya.
Dulu saya hanya ingin punya rumah kecil yang nyaman, mungkin
1.000–2.000 kaki persegi.
Saya punya gambarnya, saya buat papan impian (vision board) saya.
Saya mencintai ruang itu yang saya ciptakan—di sini, di hati saya.
Saya pegang gambar itu, dan saya rasakan di hati, dan itu
menjadi bahan bakar saya untuk bekerja.
Jadi apa yang harus Anda lakukan? Expose!
SMS—Share, Meet, Showcase.
Bagikan, Temui, Tampilkan.
Exposure.
Saya rasa saya sudah cukup mengulang untuk menekankan pesan
ini.
Dan berbicara soal rempah dan exposure, perusahaan
akan mengadakan Zoom call dalam 30 menit.
Anda bisa akses melalui Three
Global Zoom—perusahaan akan membagikan alat eksposur terbaru.
Jadi itu jam 6 sore waktu Los Angeles, 7 malam waktu
pegunungan, dan 9 malam waktu pantai timur.
Dan di musim liburan ini menjelang Thanksgiving, saya
pribadi sangat bersyukur.
Saya bersyukur memiliki Anda semua dalam perjalanan ini bersama kami.
Semoga liburan Anda luar biasa. Selamat liburan!
Dan semoga tahun 2025 menjadi tahun Anda bersinar.
Sampai jumpa. Terima kasih sudah terhubung.
Bye-bye!
Comments
Post a Comment